Positif Thinking

Sikap positif adalah perwujudan nyata dari suatu pikiran terutama memperhatikan hal-hal yang baik. Sikap positif adalah suasana jiwa yang mengutamakan kegiatan kreatif dari pada kegiatan yang menjemukan , kegembiraan dari pada kesedihan, optimisme dari pada pesimisme. Sikap positif adalah keadaan jiwa seseorang yang dipertahankan melalui usaha-usaha yang sadar bila sesuatu terjadi pada dirinya supaya tidak membelokkan fokus mental seseorang pada yang negatif. Bagi orang yang berpikiran positif mengetahui bahwa dirinya sudah berpikir buruk maka ia akan segera memulihkan dirinya. Yaitu yang sudah menuju ke arah negatif untuk kembali ke arah positif. Banyak orang dan ahli terutama para motivator yang membuat pengertian sikap positif.


Yang disebutkan tadi di atas oleh ane adalah pengertian sikap positif menurut Elwood N. Chapman. Seorang motivator asal dari California Selatan. Apakah pengertian sikap? Apakah sama sikap dengan kepribadian. Sikap bukan lah kepribadian seperti yang sudah dibahas dalam posting citra diri positif.

Sikap adalah isyarat yang dipancarkan seseorang kepada orang lain juga merupakan cara manusia memagan/aganwating sesuatu secara mental dari dalam.Sikap juga merupakan cara orang bereaksi terhadap suatu kejadian yang mereka alami atau yang mereka lihat langsung atau tidak langsung.

Mungkin agan/aganwati sebagai siswa atau mahasiswa sering mendengar anjuran dari guru atau dosen, atau dari motivator seperti Mario Teguh tentang perlunya bersikap positif? Apakah agan/aganwati saat ini termasuk orang yang bersikap positif atau sebaliknya?Setiap orang pernah menjumpai atau berhadapan dengan masalah-masalah yang mengguncangkan dirinya sehingga mereka bersikap negatif tapi orang secara sadar akan berusaha untuk menyesuaikan dirinya dan kembali kepada sikap positif.

Kadang agan/aganwati sering berkeluh kesah bahwa hidup terasa membosankan ( dalam istilah anak muda ,boring and be-te) contoh seorang remaja ketika pulang sekolah tidak memiliki kegiatan lain hanya pulang mandi makan, sms-an teman, game online di buka jejaring sosial update satus, merupakan hal yang berulang tiap hari kadang ada perasaan bosan dengan rutinitas tersebut. Dapat dibaca dari status pribadinya yang memperlihatkan bahwa dia sedang jenuh atau bosan. Hal ini biasanya dipicu oleh masalah yang mengecewakan misalnya pacar nyeleweng atau kalah bersaing untuk diperhatikan oleh seseorang. Tapi orang yang bersikap positif bila terbersit dalam ingatan “membosankan” maka dia akan beruasah cari kegiatan lain yang tidak membosankan, ia akan berusaha menikmati hidup dengan lebih bermakna. Mengisi waktu dengan kegiatan lain misal ekskul, futsal, bimbel, belajar Ilmu agama atau ikut pengajian.

Contoh yang kedua misalnya tiap kali belajar Fisika atau matematika agan/aganwati selalu di beri tugas atau Pe-er. Sebagian kecil siswa akan merasa itu hal menyenangkan tapi sebagian besar merupakan hal yang membosankan, karena berdasarkan survai bahwa Fisika pelajaran yang membosankan paling tidak disukai murid. Dengan optimis orang yang bersikap positif akan berusaha menyesuaikan apa pun soal yang diberikan adalah tugas yang harus dilakukan bila mengerjakan tugas atau soal akan terjadi pada dirinya yang tidak bisa menuju bisa sesuai dengan tujuan belajar yaitu perubahan tingkah laku. Bila ia merasa tidak bisa akan berusaha bertanya baik pada teman pada keluarga atau pada guru. Lain halnya dengan orang yang pesimis ia selalu berfikir negatif ketika diberi pe-er , ia merasa hal itu membosankan ia belum membaca soalnya tapi sudah mengatakan tidak bisa dan itu berulang. Dengan sikap negatifnya bahwa dia nanti bisa nyontek pada teman, ia tidak pernah berusaha akhirnya tidak pernah menghadapi kesulitan itu. Ruginya bila agan/aganwati pe-er selalu nyontek nanti selamanya tidak akan bisa, pe-er atau tugas masih bisa nyontek tapi ulangan pasti tidak boleh nyontek meski diantara siswa masih bisa berusaha nyontek tapi itu kan beresiko ketahuan. Dan bila agan/aganwati dapat nilai bagus pun agan/aganwati tidak akan ada kebanggaan. Sama halnya dengan suatu permainan sepak bola atau futsal misanya agan/aganwati menang dapat juara atau dapat medali dengan cara permainan jujur pasti ada kebanggaan. Tapi bila agan/aganwati tidak jujur dapat nilai gede pun tidak akan ada kebanggaan yang ada malah membosankan. Karakter bangsa yang diharapkan adalah yang jujur mandiri serta percaya diri tidak akan di dapat bila saat ujian masih tetap nyontek. Nyontek boleh saja tapi jangan waktu ujian maksudnya mencontoh karakter yang baik-baik..gi tu.


Referensi: Elwood N. Chapman, sikap kekayaan anda yang paling berharga. Bina Aksara Jakarta Indonesia tahun 1987 Kamus besar Bahasa Indonesia

Terdapat 0 comments:

Post a Comment

Frozer Corporation Bloggers - Meet Millions of Bloggers Frozer Corporation
 
Indonesian Streets